Sejak awal pendiriannya di tahun 2002, CEP-CCIT konsisten menyelenggarakan program pelatihan dan pendidikan professional bagi lulusan SMA/SMK dimana lulusannya akan dibekali kompetensi siap kerja yang memiliki sertifikat internasional. Motivasi utama pendirian CEP-CCIT adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pengembangan profesional dan pendidikan lanjut bidang Teknologi Informasi (TI), rekayasa dan sistem pendukungnya.

Pada tahun 2018, CEP-CCIT FTUI mendapatkan SK Rektor UI no.1020/SK/R/UI/2018 yang menjadikan nya sebagai sebuah Unit Kerja Khusus Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat (UKK PPM) Universitas Indonesia fleksibel penuh. Hal ini semakin memperkuat fungsi CEP-CCIT sebagai lembaga penunjang tri-dharma Perguruan Tinggi, berorientasi pada terwujudnya Engineering Enterprise pada lingkungan Fakultas Teknik demi mendukung rencana strategis (renstra) UI menjadi salah satu Universitas terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Dan seiring dengan waktu, CEP-CCIT terus mengalami transformasi menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang semakin dinamis dan kebutuhan dunia industri terhadap sumber daya manusia yang memiliki kompetensi berdaya saing global di era industri 4.0. Dan untuk menyongsong masa depan, CEP-CCIT juga telah menyusun Renstra 2018-2012 berbasiskan semangat untuk mendorong sistem Engineering Enterprises pada lingkungan FTUI dengan visi Beyon Engineering Expectation (BE2).

Dr. Muhammad Suryanegara
Direktur / Kepala UKK-PPM CEP-CCIT FTUI