kurikulum CEP CCIT FTUI

Software Engineering

Peningkatan kemampuan dalam bidang pengembangan perangkat lunak berbasis sistem operasi (desktop application) maupun berbasis web sesuai dengan pengembangan sistem saat ini. Pembelajaran meliputi materi bersifat dasar antara lain sistem operasi dan aplikasi perkantoran, dilanjutkan dengan pengembangan sistem berbasis sistem operasi (.NET dan Java) dalam lingkungan pemrograman berorientasi obyek, analisis perancangan sistem, model sistem dan teknik perancangan sistem, hingga pengembangan sistem berbasis web untuk skala enterprise (perusahaan) seperti aplikasi perbankan, aplikasi jejaring sosial, dan lain lain.

 

Network Engineering

Peringkat kemampuan dalam teknik jaringan dan pengembangan jaringan berskala enterprise (perusahaan) sebagaimana yang terdapat pada perusahaan masa kini. Pembelajaran meliputi materi bersifat dasar antara lain sistem operasi dan aplikasi perkantoran, dilanjutkan dengan pengembangan sistem basis data (database), pengetahuan dasar jaringan, desain jaringan, segmentasi jaringan, instalasi sistem operasi jaringan, instalasi dan konfigurasi server dalam jaringan sebagai router, proxy, firewall, web server, mail server, active directory, domain server, dhcp server, database server, dilanjutkan dengan teknik pengamanan jaringan skala besar menggunakan public key infrastructure, virtual private network dalam sistem berbasiskan Mircrosoft Windows maupun Linux.

 

Mobile Application

Peningkatan kemampuan dalam pengembangan aplikasi mobile (perangkat genggam) untuk menunjang mobilitas pengguna sesuai platform yang sedang berkembang saat ini yaitu android. Pembelajaran meliputi materi dasar antara lain sistem operasi dan aplikasi perkantoran, dilanjutkan dengan pengembangan sistem basis data (database), pengetahuan dasar jaringan, pengembangan sistem berbasis sistem operasi (.NET dan Java) sebagai landasan dalam pemrograman berorientasi obyek, analisis dan memodelkan sistem, teknik perancangan sistem, dilanjutkan dengan pengembangan sistem berbasis web yang ditunjang dengan pengembangan aplikasi pada perangkat genggam berbasis Java dan diakhiri dengan pengembangan sistem perangkat menggunakan sistem operasi android. NIIT adalah institusi pendidikan Teknologi Informasi Internasional dengan jaringan mencapai 40 negara diseluruh dunia.

 

TI Perbankan Syariah

Perkembangan perbankan syariah yang tumbuh cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir menunjukan minat masyarakat mangenai ekonomi syariah semakin bertambah. Hal tersebut tentu membuat kebutuhan SDM, khususnya di bidang IT Perbankan Syariah juga meningkat. Kondisi ini mendorong Fakultas Teknik Universitas Indonesia melalui unit pendidikan Center for Computing and Information Technology (CCIT) membuka Program Pendidikan Profesional IT Perbankan Syariah. Program ini mulai dibuka pada tahun ajaran 2010/2011, diharapkan kehadiran program pendidikan ini dapat memenuhi kebutuhan akan SDM yang terampil dan profesional dibidangnya.

 

CCIT PNJ

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) awalnya bagian dari Universitas Indonesia (1982-1998) dengan nama Politeknik Universitas Indonesia (Poltek UI). Sejak bulan Agustus tahun 1998 mandiri menjadi Politeknik Negeri Jakarta namun lokasi kampusnya tetap di lingkungan Universitas Indonesia Depok. Politeknik Negeri Jakarta menyelenggarakan Program Sarjana Terapan (S1 Terapan) dan lulusan-nya ber gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST). Sejak tahun 2004 PNJ menjalin kerjasama dengan CEP CCIT Fakultas UI dalam program studi Teknik Informatika. Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan kuliah di dua tempat dalam satu waktu dimulai dari semester 1 hingga semester 4. Untuk materi semester 5 hingga semester 8 mahasiswa akan kuliah penuh di PNJ guna mengikuti program magang kerja dan tugas akhir.

 

Network Administrator Professional

Untuk menunjang program network ini menjadi kelas unggulan CCIT menggunakan kurikulum CISCO dan CompTIA dalam materi pembelajaran di kelas. CISCO adalah vendor jaringan teknologi informasi terkemuka dan CompTIA adalah lembaga sertifikasi yang telah dikenal secara internasional. Kurikulum Network Administrator Professional membekali lulusan dengan kemampuan mendisain sekaligus mengimplementasikan infrastruktur teknologi informasi tanpa melupakan aspek keamanan. Untuk menunjang kualitas pendidikan, CCIT bekerjasama dengan CISCO Academy Departemen Teknik Elektro FTUI sehingga materi yang diajarkan menggunakan kurikulum CISCO dan CompTIA. Keterampilan pengembangan perangkat lunak serta pengelolaan database dapat memberikan nilai tambah bagi peserta program agar mampu menjadi pengelola infrastruktur teknologi informasi yang memahami karakteristik aplikasi. Pada tahap akhir kurikulum ini peserta wajib mengikuti program magang secara terstruktur. Kegiatan magang diharapkan mampu memberikan pengalaman awal bagi peserta program sebelum memulai karir. Pada setiap akhir semester peserta diuji menggunakan standar sertifikasi internasional agar menjamin kualitas lulusan yang mumpuni dibidang pengelolaan jaringan teknologi informasi.