[ALUMNI] Ridzki Akbar Samsulhadi, MA.Pov

Nama: Ridzki Akbar Samsulhadi, MA.Pov
Masa Pendidikan: 2007 – 2009
Riwayat Pendidikan: CCIT FTUI, Ryerson University (S1), University of Sussex UK (S2)
Tempat Kerja: Sekolah HighScope Indonesia
Jabatan: College Counselor & AP Coordinator

Testimoni:

Saya sangat bersyukur pernah menempuh pendidikan di CCIT (Center for Computing and Information Technology). Program International Diploma in Information Technology yang saya ambil di sini memberikan saya dasar yang kuat dalam implementasi IT, tidak hanya di dunia IT tetapi juga di sektor sosial yang kemudian saya geluti.

Selama dua tahun di CCIT, saya tidak hanya memperoleh pemahaman mendalam tentang database systems, enterprise networking, dan administrasi server, tetapi juga mendapat kesempatan untuk menerapkan pengetahuan tersebut melalui berbagai proyek akademik. Mulai dari merancang dan mengelola database dengan MS Access & SQL Server 2000, hingga membangun sistem jaringan berbasis TCP/IP menggunakan Fedora 8.0 dan Windows Server 2003, semua pengalaman ini menjadi fondasi penting dalam perjalanan karier saya.

Lebih dari sekadar pendidikan, CEP CCIT-FTUI menjadi pintu pembuka bagi perjalanan akademik dan karier internasional saya. Setelah lulus dari CCIT, saya melanjutkan studi ke Ryerson University (sekarang Toronto Metropolitan University) di Kanada dan meraih Bachelor of Social Work. Kemudian, saya melanjutkan studi ke University of Sussex, Inggris, dan meraih MA in Poverty and Development, dengan beasiswa penuh dari LPDP. Semua ini tidak lepas dari dasar ilmu dan pengalaman yang saya peroleh selama belajar di CCIT.

Ilmu komputer yang saya pelajari di CCIT juga terus berperan dalam perjalanan saya, baik dalam dunia akademik, magang, maupun karier profesional. Saya memiliki kesempatan untuk:

Meningkatkan literasi komputer di Every Child Counts School, Bahamas, membantu komunitas setempat dalam memahami dan menggunakan teknologi secara lebih efektif.
Meningkatkan efektivitas integrasi sistem informasi manajemen sekolah, serta memperbaiki pengelolaan informasi antara departemen konseling dan departemen lainnya di Dyatmika School (Bali) dan Sekolah HighScope Indonesia (Jakarta).
Dengan kurikulum berbasis praktik dan lingkungan belajar yang suportif, CCIT telah membekali saya dengan keterampilan yang sangat berguna di dunia kerja. Bagi mahasiswa dan calon mahasiswa CCIT, ingatlah bahwa CCIT adalah langkah pertama kalian membuka cakrawala dunia. Jangan takut bermimpi jauh dan luas, dan jangan membuat batasan diri, karena CCIT adalah tentang membangun fondasi kuat untuk masa depan kalian.