Jajaki Kerja Sama Pelatihan Cybersecurity, CCIT FTUI bersama Hacktrace Gelar Workshop Cybersecurity Perdana

CCIT FTUI bekerja sama dengan salah satu penyedia pelatihan keamanan siber terkemuka di Indonesia, Hacktrace, menggelar program serial perdana Workshop Cybersecurity bertajuk Cybersecurity Fundamental pada Kamis, 11 Juli 2024 di Auditorium CCIT FTUI, Fakultas Teknik UI, Depok. Serial workshop ini akan menjadi agenda rutin bulanan yang akan mengupas seluk beluk teori keamanan siber dan melatih keterampilan praktis peserta didik CCIT FTUI dan sivitas akademika Universitas Indonesia.

Workshop diawali oleh sambutan salah satu staf pengajar Program Cybersecurity CCIT FTUI, Ivan Firdaus, yang sekaligus merupakan pengelola Laboratorium Virtual Hacktrace UI. Ivan mengharapkan acara ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh semua sivitas UI, tidak hanya dari CCIT FTUI, namun mahasiswa UI dari fakultas lain yang ingin belajar Cybersecurity.

Pertama kali digelar di CCIT FTUI, workshop Cybersecurity ini menghadirkan narasumber yang merupakan penetration tester berkualifikasi The OffSec Certified Professional (OSCP) dan EC-Council Certified Incident Handler (ECIH) dari PT Spentera Indonesia, Yokha Nur Alamsyah. Yokha, yang juga merupakan Cybersecurity Engineer, memaparkan perubahan dunia internet dan berbagai potensi ancaman siber. Selain itu, Yokha juga menitikberatkan pentingnya keamanan siber dalam berbagai aspek, dan upaya-upaya apa saja yang bisa meningkatkan keamanan siber.

“Workshop ini diadakan untuk memberikan pemahaman dasar tentang keamanan siber kepada para peserta, serta untuk membekali mereka dengan pengetahuan yang diperlukan dalam menghadapi tantangan keamanan di dunia digital,” ujar Yokha.

Acara yang berlangsung kurang-lebih dua jam tersebut dihadiri oleh sekitar 50 peserta yang dari CCIT FTUI dan Departemen Teknik Elektro FTUI. Dalam acara tersebut, terdapat pula sesi penghargaan bagi Juara 1 Kompetisi Kombyte 2 Bidang Cybersecurity atas nama Kheyral Sutan Dumas dan Achmad Maulana Ibrahim yang sebelumya sudah terlaksana pada Mei 2024 oleh PT Spentera Indonesia.