CCIT FTUI Perkuat Kompetensi Penulisan Siswa Melalui Kegiatan Writing Final Project Bootcamp

Rabu, 28 Mei 2025 – CCIT FTUI menyelenggarakan kegiatan “Writing Final Project Bootcamp.” Acara ini dibawakan oleh Mutya Qurratu’ayuni Mustafa dan M. Riza Iqbal Latief sebagai pembicara, dengan tujuan memberikan pembekalan para peserta didik CCIT dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam metodologi penulisan tugas akhir.

Bertempat di ruang auditorium CCIT, para pembicara mengupas tuntas berbagai aspek penting dalam penulisan akademik. Mulai dengan memberikan pemahaman mendalam tentang apa itu penulisan akademik, menekankan pada sifat formalnya, serta tujuannya yang berfokus pada penjelasan, persuasi, dan keyakinan kepada pembaca yang umumnya terdiri dari akademisi. Proses penulisan yang efektif juga dibahas, mencakup tahapan pra-penulisan, perencanaan melalui pembuatan kerangka, serta penulisan dan revisi draf. Teknik-teknik pra-penulisan seperti brainstorming, listing, grouping, dan outlining sederhana turut diperkenalkan sebagai alat bantu dalam menyusun ide dan gagasan.

Selanjutnya, kegiatan ini mengarahkan perhatian pada bagian-bagian penting dalam tugas akhir. Pendahuluan dijelaskan sebagai gerbang yang memberikan gambaran umum literatur, memaparkan pertanyaan penelitian, merumuskan hipotesis, dan menyajikan kerangka kerja penelitian. Tinjauan pustaka, sebagai fondasi yang kuat untuk penelitian, dibahas secara mendalam. Pembahasan mengenai pendekatan penelitian, tempat penelitian, sudut pandang penelitian, informasi data, dan teknik analisis data menjadi bagian penting dalam sesi ini.

Tidak ketinggalan, para pembicara membahas mengenai penyajian hasil dan diskusi. Hasil penelitian harus dirangkum dan disajikan secara logis tanpa interpretasi yang bias, serta dihubungkan kembali dengan pertanyaan penelitian. Diskusi, di sisi lain, menjadi wadah untuk meninjau temuan, menempatkannya dalam konteks yang lebih luas, membahas hasil yang tidak terduga, dan menyimpulkan implikasi temuan. Keterbatasan penelitian dan potensi penelitian lanjutan juga perlu diungkapkan dalam bagian diskusi. Kesimpulan harus mampu merangkum makalah secara singkat, menjawab pertanyaan penelitian, dan menyebutkan keterbatasan studi. Abstrak berfungsi sebagai ringkasan dan pratinjau, juga dibahas strukturnya agar dapat menarik perhatian pembaca.

Untuk memperkuat pemahaman tentang penulisan tugas akhir, para peserta berperan aktif dalam membentuk grup diskusi untuk mendiskusikan serta mempraktikkan pemahaman yang telah mereka dapatkan di awal sesi dan memaparkan hasil dari diskusi grup tersebut seperti pembuatan paragraf penulisan, dan juga metode penulisan.

Sebagai penutup, para pembicara menekankan para peserta pentingnya membaca untuk meningkatkan kemampuan menulis, serta menulis sebagai sarana untuk mempertajam kemampuan berpikir. Dan diharapkan peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam serta nantinya dapat diimplementasikan pada laporan tugas akhir di CCIT.